Sejarah dan Charm Balekambang City Park Surakarta

Sejarah dan Charm Balekambang City Park Surakarta

Kota Surakarta memiliki banyak atraksi yang menarik wisatawan. Balekambang City Park adalah dalah satu objek yang harus dikunjungi oleh sekelompok sewa bus pariwisata Jakarta. Mengapa taman ini begitu istimewa? Mari kita lihat sejarah dan pesona.

Sejarah Taman Balekambang

Balekambang taman adalah taman yang dibangun oleh KGPA Mangkunegara tempat untuk bermain putrinya, Partini. Didirikan sejak tahun 1921 dan awalnya bernama Partini Tuin. Selama ini hanya anggota keluarga diperbolehkan keratin memasuki taman. Hingga akhirnya pada tahun 2008, taman dibuka untuk umum.

Taman Balekambang Sembat diabaikan dan ditinggalkan. Pada tahun 2007, pemerintah Surakarta mulai revitalisasi bagian dari itu, yang mencakup 5,4 hektar dari total 9,8 hektar. Taman ini dulunya ruang publik untuk menaikkan nama Grup Comedy Srimulat. Melalui penampilan di Taman Balekambang, keberhasilan Srimulat menelurkan terkenal komedian Pepe, Gepeng, Jujuk.

Keindahan pesona Taman Balekambang

Nuansa hijau sejuk dari pohon adalah daya tarik utama dari taman yang berdiri di tengah-tengah kota ini. Atmosfer ini hampir mirip dengan Kebun Raya Bogor. Ada banyak atraksi rekreasi yang menarik di taman ini karena sejak awal dimaksudkan sebagai tempat rekreasi bagi putri istana.

Taman Balekambang dibagi menjadi dua bagian utama yaitu taman air dan hutan. Sebelumnya dua bagian yang disebut sebagai Partini Tuin dan Partinah Bosch. Taman air terdiri dari dua ruang, kolam besar, dan kolam renang. Rental kelompok wisatawan mengunjungi bus pariwisata bisa mengelilingi kolam dengan perahu sewaan. Pada saat tertentu, kola mini ke arena lomba memancing.

Taman yang berdiri di atas lahan seluas 5 hektar sleuas ditutupi oleh berbagai tanaman. Ada banyak koleksi tanaman langka seperti kenari, sungsang beringin dan beringin putih. Di hutan datang untuk hidup berbagai hewan seperti rusa, monyet dan angsa. Hewan ini hidup bebas dan berinteraksi dengan pengunjung. Untuk lebih menyenangkan sewa bus partai untuk berkeliling menggunakan sewa bus pariwisata Jakarta layanan kereta wisata. Wisatawan dapat menggowes kereta sendiri atau menggunakan kereta kuda.