Prinsip Repetisi dan Aplikasinya yang Wajib Diketahui

Infoproduksi.com – Dunia desain grafis dewasa ini semakin banyak diminati juga banyak diaplikasikan ke berbagai lini kehidupan hingga kemudian berdiri sekolah-sekolah desain grafis dan pekerjaan yang membuka lowongan bagi ahli desain grafis. Salah satu pengaplikasian desain grafis adalah pada desain dan cetak tali id card.

Prinsip Repetisi dan Aplikasinya yang Wajib Diketahui

Dalam mendesain, tentu saja desainer grafis tidak sembarang desain, tapi ada beberapa prinsip yang dijadikan acuan. Salah satunya adalah prinsip repetisi.

Prinsip Repetisi dan Pengaplikasiannya

Istilah repetisi atau repetion mengacu pada pola pengulangan yang diterapkan melalui visual desain meliputi warna, tekstur, bentuk, jenis tulisan hingga ukuran. Repetisi pada dasarnya masuk ke dalam ritme desain di mana kehadirannya mampu menciptakan kesatuan dan kesamaan yang juga termasuk dalam prinsip keharmonisan dalam desain.

Repetisi dapat diaplikasikan dengan pola pengulangan regular maupun tidak regular. Efek ini dapat digunakan untuk mendramatisir desain. Repetisi pada desain grafis juga mampu menciptakan suasana yang hidup, selaras serta harmonis sehingga kesan yang dimunculkan tidak monoton.

Aplikasi repetisi dalam dunia desain dan percetakan misalnya pada tali id card. Tali yang dapat dikostum desainnya ini dapat dibuat dengan mengaplikasikan prinsip repetisi sehingga kesan yang dimunculkan saat dipakai oleh pengguna tampak menonjol. Repetisi para desain tali lanyard dapat melalui warna dan pola seperti gambar di bawah ini:

Selain pada warna dan pola, repetisi pada tali id card juga dapat melalui tulisan:

Sementara itu, teknik repetisi selain pada tali lanyard juga sudah banyak digunakan dalam bidang desain percetakan. Misalnya seperti pada spanduk, pamflet, banner dan lain-lain. Penggunaan prinsip repetisi pada semua produk desain juga akan berfungsi untuk memperkuat kesan yang akan diberikan. Karena jika warna, pola, tulisan dan elemen lain yang meliputi repetisi hanya diaplikasikan satu kali saja pada desain itu akan membuat hasil desain tidak kuat dan tidak berkesan. Oleh karena itu sangat penting sekali menerapkan prinsip repetisi pada desain khususnya pada desain dunia percetakan yang kini sedang banyak digandrungi.