Penting! Persiapan Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Travelling

Travelling dewasa ini tidak hanya dijadikan sebagai aktivitas perjalanan saja, tetapi lebih dari itu travelling kini dijadikan hobi tertentu yang juga dapat menghasilkan uang. Di samping itu travelling dipercaya mampu menyembuhkan dari stress dan dianggap sebagai salah satu cara untuk merefleksikan diri, mengukur kemampuan diri, dan menguji diri. Mengapa seperti itu? Hal ini dikarenakan travelling tidaklah sama dengan berlibur/berwisata. Travelling biasanya dilakukan secara individual maupun kelompok menuju tempat tertentu dengan tanpa menggunakan sistem yang terstruktur.

Penting! Persiapan Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Travelling

Liburan/berwisata biasanya menggunakan kendaraan tertentu, sedangkan travelling cenderung menggunakan kendaraan umum. Liburan/berwisata biasanya mengunjungi tempat wisata yang telah direncanakan, travelling cenderung tidak memiliki tujuan yang pasti, kunjungannya umumnya ke tempat-tempat budaya seperti suku sebagai alternatif ansos (analisis sosial), liburan/berwisata umumnya menghabiskan banyak budget, sedangkan travelling sebaliknya. Inti dari travelling adalah mendapatkan pengalaman baru, mengetahui hal baru, mendapat teman baru, mengalami tantangan baru dengan cara sederhana dan berani. Pada titik itulah keasikan travelling berada.

Persiapan Sebelum Travel

Walaupun travelling cenderung sembarangan, tetap saja untuk memulainya perlu banyak persiapan. Bahkan persiapan untuk travel harus lebih teliti agar mampu mengantisipasi keadaan-keadaan di luar dugaan. Lalu apa saja persiapan sebelum melakukan travelling?

1. Tentukan tujuan

Travelling seperti yang telah dipaparkan sebelumnya merupakan perjalanan yang pada dasarnya tidak merencanakan tujuan spesifik. Namun walaupun seperti itu, tujuan kota tetap saja harus kamu rencanakan. Misalnya kamu ingin bertravel ke kota yang menjunjung tinggi nilai-nilai kesenian, maka kamu tinggal menentukan Yogyakarta. Sesampainya di Yogyakarta, tidak ada lagi yang perlu kamu rencanakan selain mengikuti kemana langkah kakimu. Itu akan menjadi pengalaman travell yang menyenangkan.

2. Tentukan kendaraan serta tiket

Setelah kamu menentukan tujuan travelmu, langkah kedua adalah menentukan kendaraan apa yang hendak kamu pakai untuk mencapai kota tujuan. Karena travell merupakan perjalanan yang menekan biaya, maka pilihlah kendaraan dengan biaya paling rendah dan tentunya aman. Refleksi diri dapat dilakukan sejak kamu dalam kendaraan, oleh karenanya pilihlah kendaraan yang tepat dan sesuai.

3. Tentukan tempat menginap

Kamu tentu membutuhkan beristirahat di sela-sela travel mu, dan karenanya kamu juga membutuhkan tempat istirahat. Pilihlah tempat istirahat yang nyaman dan aman. Di samping budget yang minim, kamu dapat menentukan tempat menginap yang sederhana seperti penginapan kecil, rumah teman, atau justru rumah masyarakat.

4. Pilih pakaian

Tentu kamu harus membedakan pakaian yang seharusnya kamu pakai untuk travell dan untuk pergi ke pesta. Jangan sampai kamu salah pilih. Pilihlah pakaian yang mendukung mobilitasmu, tidak menimbulkan panas berlebih, tidak menimbulkan gatal, serta mampu melindungimu dari kejahatan. Selain pakaian, kamu juga sangat memerlukan topi dan kacamata yang akan melindungi kamu dari sinar matahari karena tidak menutup kemungkinan travel akan menuntut kamu untuk berjalan beberapa saat.

5. Kamera

Tentu kamu butuh untuk mengabadikan setiap momen dan cerita yang kamu temui dalam perjalanan travelmu. Untuk itu kamu membutuhkan kamera. Pilihlah kamera yang tidak terlalu menyusahkanmu, salah satunya kamera HP atau action kamera.

6. Jaga kesehatan

Poin paling penting agar travellmu berjalan dengan baik adalah menyiapkan kesehatan. Penuhi nutrisi tubuh sebelum kamu memulai travel agar kamu dapat menjalani travell dengan lancar dan penuh dengan kesenangan.

7. Selesaikan pekerjaan kantor

Kamu tidak dapat pergi bertravell begitu saja tanpa menyelesaikan tanggungjawab mu dalam pekerjaan misalnya. Untuk itu selesaikan semua pekerjaan kantor dan tanggungjawab lainnya sebelum travell agar kamu dapat menjalani travell dengan tenang serta gunakan juga layanan dari sewa bus pariwisata untuk memudahkan transportasi anda dalam berpergian .