Kenali Macam-Macam Jenis Sablon Kaos Ini Agar Kamu Tau Mana yang Terbaik

Bisnis sablon kaos sedang menjamur dan banyak sekali dilakukan oleh pelaku bisnis dalam beberapa tahun belakangan ini. Bahkan, beberapa toko online juga menerapkan sistem custom (berdasarkan request) pembeli, bentuk dan gambar/tulisan apa saja yang ingin mereka pesan. Jenis-jenis sablon ini sendiri sebenarnya cukup banyak, kamu bisa memilih dari yang paling murah hingga yang termahal. Maka dari itu, agar tidak tertipu, yuk kita bahas satu per satu kualitas dan jenis sablon ini satu per satu.

Jenis Sablon yang Terbaik

1. Sablon Rubber

 

Kenali Macam-Macam Jenis Sablon Kaos Ini Agar Kamu Tau Mana yang Terbaik

Yang pertama adalah Sablon Rubber. Jenis sablon ini bisa juga disebut sebagai sablon karet. Sesuai dengan namanya, sablon rubber ini punya sifat yang elastis seperti karet. Kalau kamu ingin mencetak sablon pada kain berwarna gelap, maka sablon rubber ini adalah yang paling cocok. Keuntungan lainnya, sablon karet ini punya tinta yang lebih awet dan bisa disetrika loh. Enggak usah khawatir akan rusak atau terbakar ya.

2. Sablon Plastisol

Jenis sablon kedua ini disebut juga sebagai plastisol. Umumnya, bahan sablon terbuat dari PVC atau tinta minyak dengan daya rekat yang sangat kuat jika mau dibanding dengan sablon-sablon lain. Nah, sablon ini sangat cocok untuk mencetak raster atau dot yang kecil. Tetapi, karena bahannya yang punya daya rekat kuat, maka harganya juga lumayan mahal. Namun, kamu tidak akan rugi, karena hasil dari sablonan ini sangat bagus. Untuk mengeringkan sablon pun, ada peralatan khusus, sehingga ia tidak akan bisa kering jika berada di bawah suhu 160 derajat celcius.

3. Sablon Pigmen

Untuk saat ini, Sablon Pigmen adalah teknik terbaik dalam dunia pensablonan yang paling banyak digunakan. Berkebalikan dengan sablon rubber, sablon jenis ini sangat cocok digunakan pada kain dengan warna terang. Mengapa? Karena, tinta untuk sablon pigmen ini sangat mudah diserap oleh kain. Kekurangan dari sablon ini adalah tak bisa digunakan untuk menyablon kain gelap, karena tinta sablon pigmen sendiri dibuat dari tinta berwarna gelap.

4. Sablon Polyflex

Kalau kamu mau menyablon dengan warna yang padat serta punya ketajaman tinggi, maka polyfex adalah pilihan tepat. Sablon satu ini sangat bagus dan tak pernah dibatasi minimum order. Biasanya polyfex dipakai untuk menyablon nomor pada jersey sepak bola, sehingga tampak bold dan nyata (meskipun dari jarak jauh). Hal lain yang perlu kamu tau dari jenis sablon ini adalah, ia paling cocok digunakan untuk kain polyster dan katun.

5. Sablon Super White

Berikutnya, tak kalah pamor adalah sablon super white, yang menjadi pilihan banyak konveksi hingga sekarang. Sablon super white ini hampir mirip dengan sablon rubber, ia bisa menembus serat kain yang akan disablon. Bedanya, kalau sablon super white, ia menggunakan tinta yang transparan dengan pilihan dua warna, takni putih dan berwarna. Sablon ini paling cocok digunakan untuk kain yang punya warna gelap.

6. Sablon DTG

Terakhir, sablon yang paling hits di antara semuanya, apalagi kalau bukan sablon DTG. Sablon DTG ini hasilnya akan sangat detail dan jelas, karena ia dicetak dengan mesin digital. DTG ini biasanya digunakan untuk cetak kaos secara massive (masal), seperti kaos komunitas, partai, serta seragam sekolah. Adapun hasil yang akan didapat juga bagus, mengingat memang harga tinta sablon DTG ini mahal.

Dari 6 jenis sablon di atas, mana nih yang paling sering kamu gunakan. Yang penting kalau dari sablon adalah ia tahan lama dan tidak lengket serta cepat luntur. Makanya, sebelum kamu memutuskan untuk menyablon tali lanyard , lihat dulu kualitas tinta dan daya tahan dari hasil sablon.