Intip Berbagai Jenis Kertas dan Fungsinya Dalam Dunia Percetakan

Jenis Kertas dan Fungsinya

Dunia percetakan semakin hari menjadi semakin berkembang pesat dan permintaan yang berhubungan dengan percetakan semakin menggunung. Proses berniaga di bidang percetakaan haruslah didasari dengan pengetahuan. Selaku penyedia jasa percetakan gantungan tali id card anda harus memiliki ilmu dasar agar dapat memberikan kepuasan terhadap pelanggan dan selaku pelangganpun anda harus tahu dasar dunia percetakaan agar tidak mengalami menipuan harga dan kualitas.

Salah satu pengetahuan tentang percetakan yang harus anda ketahui adalah jenis kertas beserta fungsinya, karena kertas merupakan salah satu yang berperan penting dalam percetakan. Berikut jenis-jenis kertas berserta fungsinya.

Jenis-jenis Kertas dan Fungsinya

Sebelum menggunakan kertas untuk mencetak sesuatu maka perlu untuk diketahui kertas apa saja yang sesuai digunakan agar tidak salah pilih, dan berikut informasinya.

  • Jenis kertas HVS

Kertas Houtvrij Schrijfpapier atau sering kita sebut kertas HVS merupakan kertas yang paling terkenal di dunia percetakan. Kertas ini pada umumnya sering digunakan untuk kebutuhan photocopy atau kebutuhan print biasa. Kertas HVS memiliki bermacam ukuran, yakni A4-40, ada juga yang berukuran F4 dan Q4.

  • Jenis kertas HPL

HPL merupakan jenis kertas dari HVS namun hanya tersedia dalam ukuran F4 dan memiliki warna yang beragam namun memiliki ukuran yang lebih tipis dari HVS. Kertas ini sering digunakan untuk pembatas atau brosur hitam-putih.

  • Art Paper

Art paper sering digunakan untuk kebutuhan estetika. Kertas art paper memiliki karakter tipis dan lentur. Kertas ini akan tampak mengkilap jika diberi cahaya. Art paper biasanya digunakan untuk mencetak isi majalah, leaflet, annual report, hingga ataupun lapisan hardcover.

  • Matte Paper

Matte paper memiliki karakter yang hampir sama dengan art paper, namun matte paper tidak akan mengkilap meskipun diberi cahaya. Kertas ini sering digunakan untuk bahan utama dalam membuat pin.

  • Art Carton

Art carton memiliki karakter yang hampir sama dengan art paper atau matte paper, namun art carton sedikit lebih tebal dari pada kedua jenis kertas yang disebutkan tadi. Dalam dunia percetakan Kerta jenis ini sering digunakan untuk sampul majalah, kalender meja, poster, kartu nama dan kartu undangan.

  • Concorode

Concorde memiliki tekstur bergelombang yang akan memberikan efek glamour dan berkelas. Concorde digunakan untuk mencetak kop surat atau sertifikat.

  • Blue White dan Coronado

Blue White dan Coronado merupakan jenis kertas yang memiliki tekstur. Blue white memiliki gramatur yang tebal serta bertekstur kasar, sementara corondo memiliki tekstur yang sedikt lebih halus. Kertas jenis ini sering digunakan untuk sertifikat dan kartu nama.

  • Samson

Samson merupakan kertas yang berwana cokelat. Kertas ini merupakan kertas yang berasal dari proses daur ulang. Kertas samson sering digunakan untuk mencetak pembungkus packaging atau paper bag.

  • kertas Linen

Linen merupakan jenis kertas yang memiliki variasi warna yang beragam, serta tekstur yang tebal. Kerta linen sering digunakan untuk sampul buku.

  • Omega/Asturo

Sama seperti kertas linen, kertas Omega memiliki banyak pilihan warna. Kertas omega memiliki ukuran dua kali dari A3. Kertas ini sering digunakan untuk kebutuhan sampul buku atau hard cover terutama buku-buku yang memakai poly yang berguna untuk memberikan efek mengilat.

  • Brief Card

Kerta ini sering dijumpai sebagai kertas menggambar berwana putih, namun dalam percetakan kertas ini sering digunakan dalam proses pembuatan buku yang berfungsi menjadi penyambung antara bagian isi dengan cover atau sampul.

  • Hybrid Super Standar

Kerta ini memiliki warna cokelat buram, kertas hybrid super standar sering digunakan untuk mencetak novel karena warnanya yang dapat menyerap cahaya sehingga tidak akan silau ketika dibaca. Kertas hybrid super standar juga memiliki bobot yang lebih ringan dari HVS sehingga cocok digunakan untuk novel atau buku yang tebal.

Itulah informasi seputar kertas yang sering digunakan di dunia percetakan. Pastikan anda menggunakan kertas yang tepat dan sesuai dengan fungsinya sehingga hasil cetak anda memiliki kualitas tinggi. Semoga informasi pada artikel ini dapat membantu anda.