Cara Tepat Untuk Membuat Membrane Waterproof Terpasang Sempurna

Atap bangunan bebas rembesan merupakan harapan setiap orang. Waktu yang terus berlalu, semakin membuat bagian bangunan terutama atap atau dak beton mengalami perubahan. Tidak jarang perubahan itu bersifat merugikan, seperti adanya rembesan, jamur dan lapuk. Penggunaan materi membrane untuk dak pilihan terbaik. Dengan harga waterproofing yang terjangkau, masalah rembesan, dan kerusakan lain kabur teratur.

Cara Tepat Untuk Membuat Membrane Waterproof Terpasang Sempurna

Langkah Tepat Untuk Memasang Material Waterproofing

Supaya material waterproofing bisa bekerja maksimal dengan ketahanan ekstra, maka perlu menggunakan tenaga khusus untuk menyelesaikan pemasangan. Mereka yang berpengalaman akan menggunakan cara-cara di bawah ini:

1. Pembersihan Yang Benar

Seperti layaknya menggunakan pelapis bahan cat. Untuk bahan membrane perlakuannya sama. Permukaan beton sebaiknya dibersihkan sampai benar-benar bersih tanpa noda. Baik debu, kotoran, dan bahan lain yang tersisa harus lenyap.

Langkah ini dimaksudkan supaya pori-pori yang tersebar pada permukaan siap menerima material perekat berupa waterproofing. Keadaan bersih juga akan membuat tiada penghalang untuk material tersebut bekerja maksimal melakukan perlindungan.

2. Pemberian Primer Coating

Setelah seluruh permukaan beton bersih sempurna. Langkah selanjutnya diberi pelapis berjenis primer coating. Pemberian bahan ini dimaksudkan supaya membrane waterproofing melekat dengan baik. Selain itu, sebagai pelapis untuk peredam kebocoran secara meluas. Soal biaya bahan ini kurang lebih sama dengan harga waterproofing membrane.

Cara mengaplikasikan bahan ini dengan proses pelaburan. Laburkan secara merata dan searah supaya lebih terlihat rapi. Selain itu, jangan lupa untuk menaikkan permukaan dinding sekitar dak beton, dengan ukuran ketinggian 20 cm.

3. Pemasangan Membrane Bakar

Ketika telah selesai proses pelaburan, dan telah kering sempurna. Membrane bakar waterproofing siap diaplikasikan. Lapisilah secara merata dengan membrane ini. Jangan lupa disertakan juga sambungan lainnya berupa overlap. Ukurannya senilai 10 cm.

4. Tes Anti Bocor

Permukaan yang tertutup sempurna, segera lakukan pengecekan. Caranya mudah, taruh air di atas permukaan yang telah bermembrane. Diamkan air selama 24 jam penuh. Jika setelah waktu tersebut air tidak menyusut, maka membrane telah bekerja sempurna. Lain hal jika air berkurang, maka harus diberikan lapisan waterproof lagi.

5. Penutupan Permukaan Membrane

Langkah terakhir dengan menutup lapisan membrane waterproofing yang telah kering. Prosesnya mudah, cukup memberi screed setebal 2-3 cm dengan tambahan kawat ayam untuk titik saluran air. Sedangkan bagian bukan saluran air ditambahkan screed juga.

Lima langkah tersebut sudah jelas terbukti membrane akan bekerja maksimal karena kontraktor di intiptrik.com biasanya menggunakan kelima tips tersebut. Tidak pernah satu pun terlewatkan