Bingung Menambahkan Warna Pada Desain ? 4 Hal Ini Harus Diperhatikan

Produksicetak.com – Secara umum tali ID card digunakan untuk menggantung kartu identitas. Namun seiring dengan perjalanan waktu, banyak orang yang menggunakan tali ini untuk menggantung stuff kecil seperti pulpen, flashdisk, kunci dan lainnya. Tidak hanya fungsinya yang berkembang, tali multifungsi ini juga memiliki desain yang cukup beragam.

Bingung Menambahkan Warna Pada Desain ? 4 Hal Ini Harus Diperhatikan

Desain merupakan sebuah tahapan awal yang diperlukan dalam menciptakan suatu barang. Baik barang yang memiliki nilai guna atau pun nilai keindahan tinggi. Sebagai tambahan daya tarik, penambahan warna perlu dilakukan. Menambahkan elemen warna dalam sebuah desain bisa dianggap sebagai pemberian ‘ruh’ pada barang tersebut. Agar tidak salah dalam menempatkan warna pada desain, berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Psikologi Warna

Memperhatikan psikologi warna memberikan dampak yang cukup signifikan pada desain yang sudah dipersiapkan. Warna akan menyamakan presepsi berbeda yang dimiliki oleh setiap orang pada sebuah desain. Selain menyamakan presepsi, karakter dari warna sendiri mampu memberikan kesan tersendiri bagi penikmatnya.

Diagram Warna

Pada dasarnya, warna terdiri dari warna primer yakni merah kuning dan biru. Ketiga warna premier ini akan menghasilkan baru di antaranya hijau, ungu dan orange. Diagram warna memiliki 12 warna tresier yang terbentuk dari gabungan warna premier, orange, hijau dan ungu. Untuk membuat sebuah tali ID card beda dari yang lain, Anda bisa memanfaatkan diagram warna ini.

Warna Undertone

Bagi sebagian orang, istilah warna undertone ini mungkin kurang familiar. Warna undertone adalah warna tersembunyi dari warna utama. Warna undertone ini berkaitan dengan temperatur warna. Kombinasi warna undertone yang tepat akan menghasilkan warna baru yang unik.

Warna dan Tulisan

Bagi Anda yang ingin menambahkan tulisan pada tali ID card, melakukan penyesuaian antara warna dan tulisan perlu diperhatikan. Hal ini tulisan yang terdapat pada tali tetap bisa terbaca dengan jelas. Maksimalkan teknik kontras agar tulisan dapat diliat dengan jelas. Jika Anda tali diwarnai gelap, tulisan yang dicantumkan harus lebih tebal.