3 Wisata Budaya dan Adat Jawa Unik, Rekommended Banget Buat Liburan Sembari Belajar

Indonesia memiliki berbagai keberagaman etnis dan budaya tidak heran peraturan dan budaya dari satu daerah dengan daerah lain berbeda. Salah satu keberagaman yang sangat mencolok adalah keberagaman dalam suku, dan salah satu suku yang sangat populer dengan jumlah populasi yang besar adalah suku Jawa. Suku ini bermukim di pulau Jawa tepatnya di Jawa Tengah, Jawa Timur, Indramayu dan DIY, sedangkan masyarakat di Jawa Barat sebagian besar bersuku Sunda dan Betawi.

3 Wisata Budaya dan Adat Jawa Unik, Rekommended Banget Buat Liburan Sembari Belajar

Daftar Keunikan Adat Istiadat Suku Jawa

Masing-masing suku yang ada di Indonesia memiliki adat istiadat sendiri-sendiri, begitu juga dengan suku Jawa. Bahkan sebagian adat tersebut dijadikan sebagai wisata budaya yang sangat menarik. Bagi kamu yang tertarik untuk melihat wisata budaya Jawa yang menarik dan unik bisa datang langsung ke daerah wisata Jawa dengan sewa Pusatrentcar.com murah di Jakarta.

Berikut daftar adat istiadat jawa yang sangat unik dan bisa dipilih sebagai wisata budaya yang ingin kamu kunjungi :

1. Kirab Kebo Bule

Wisata budaya pertama yang bisa kamu kunjungi adalah kirab kebo bule, acara ini berlangsung setiap malam satu suro di kota Solo. Beberapa kebo berwarna putih yang dikenal dengan nama kebo bule di arak dari keraton berkeliling kota. Kebo-kebo tersebut konon katanya dipercaya sebagai keturunan dari Kebo Bule Kyai Slamet yang dikramatkan.

2. Tradisi Sekaten

Festival sekaten diadakan setiap tahun di kota Yogyakarta dan Surakarta, acara ini kadang berlangsung antara 2 minggu hingga satu bulan disesuaikan dengan kebijakan. Tradisi ini di awali dengan gunungan berupa beras ketan, makanan, buah-buahan dan sayuran. Selanjutnya akan diadakan pentas seni, pasar malam sekaten dan berbagai stand kuliner. Jika kamu tertarik maka kunjungi tradisi sekaten yang sangat seru dan mengasyikkan sembari berpetualang ke tempat wisata yang ada di Jogja maupun Surakarta. Agar liburan lebih seru ajak teman-teman kamu dan gunakan sewa bus pariwisata murah di Jakarta.

3. Tradisi Ruwatan Gimbal

Wisata budaya lainnya yang layak kamu kunjungi adalah acara ruwatan yang diadakan di Dieng. Acara ruwetan rambut gimbal di adakan setiap tahun dan masuk ke dalam rangkaian acara Dieng Culture Festival. Selain ruwetan, kamu juga bisa menonton festival lampion, jazz di atas awan dan acara kece lainnya.

Selain wisata adat, kamu juga bisa mengunjungi wisata lainnya yang ada di Surakarta, Yogyakarta dan Dieng. Dengan mengunjungi 3 wisata di atas kamu bisa lebih mengenal dan belajar tentang budaya suku Jawa di berbagai daerah.