5 Rekomendasi Makanan Khas Melayu Yang Paling Enak

Rekomendasi Makanan Khas Melayu

Daerah semenanjung Melayu tersebar bukan hanya di Indonesia namun juga sampai Malaysia dan negara tetangga lainnya. Oleh karena itu ada saja kemiripan pada hidangannya walaupun punya nama yang berbeda. Cita rasa masakan melayu yang khas memiliki paduan rempah yang kaya dan otentik. Selain itu cara memasaknya pun unik dan memiliki tampilan cantik.

Berbagai Masakan Khas Melayu Yang menggugah Selera

Mulai dari makanan mengenyangkan yang bisa disantap tanpa nasi atau hidangan yang dipengaruhi dari berbagai kebudayaan. Hal tersebut menjadikan makanan khas melayu dapat disantap baik ketika lapar atau sekedar pengganjal perut. Ditambah dengan penggunaan rempah yang beraneka ragam, menambah kelezatan masakannya. Berikut adalah beberapa kuliner khas dari melayu yang sayang bila dilewatkan.

1. Sop Tunjang

Rekomendasi Makanan Khas Melayu

Indonesia mempunyai banyak menu sop. Hidangan berkuah ini sangat cocok dimakan panas-panas bersama nasi. Daerah Melayu terkenal dengan sup tunjang yang memiliki kemiripan dengan sop buntut ala Betawi. Bedanya adalah campuran rempahnya yang lebih melimpah dengan kayu manis, cengkeh, jahe, bawang merah, bawang putih dan tentu potongan tunjang yang kaya dengan sumsum sapi. Anda akan disediakan sedotan untuk mencapai sumsum yang berada jauh didalam tunjang. Nah, belum pernah kan makan dengan cara seperti ini?

2. Roti Jala

Rekomendasi Makanan Khas Melayu

Satu lagi makanan khas melayu yang menyajikan hidangan berbahan dasar tepung gandum. Walau roti jala tidak memiliki tampilan roti pada umumnya. Makanan yang merupakan ciri khas Melayu ini sangat populer dan banyak dihidangkan direstoran. Cara membuatnya cukup mudah. Adonan dibuat seperti jala pada wajan dan digulung. Teman pendamping roti ini adalah kuah dengan potongan daging yang umumnya menggunakan saus kari, durian atau bisa juga pilihan saus manis.

3. Sate Godog

Rekomendasi Makanan Khas Melayu

Siapa sih yang bisa menolak sepiring sate dengan saos kacang kental dan tentunya lezat? Kalau hidangan sate tentu sudah mendunia. Terutama, sate khas melayu berikut yang terbuat dari potongan kecil ayam atau kambing. Yang juara adalah pilihan saos kacangnya yang memberikan rasa gurih pas dengan paduan manis dari kecap. Tentu hidangan ini tidak akan lengkap tanpa tambahan sambal yang menambah selera.

4. Mie Sagu

Rekomendasi Makanan Khas Melayu

Paduan mie dengan berbagai isinya tentu merupakan pilihan untuk dicicipi. Mie sagu dari namanya saja sudah bisa tertebak dibuat dari sagu yang sangat sehat untuk tubuh terutama untuk pengidap diabetes. Ciri khas yang tidak dapat ditemukan dari hidangan mie lainnya adalah tambahan ikan teri dan daun kucai yang menggugah selera. Dengan ditambah kerupuk dan sambal maka lengkaplah sudah.

5. Ikan Salai

Rekomendasi Makanan Khas Melayu

Makanan khas melayu sangat identik dengan kuah kentalnya yang diperkaya dari santan. Seperti makanan berbahan ikan berikut yang menjadi primadona untuk santapan Melayu yang terbuat dari ikan limbat. Cara memasaknya mudah sekali, ikan dimasak dengan kuah kental dari santan beserta berbagai bumbu rempah yang banyak sehingga menghasilkan warna kuning kemerahan dan juga wangi masakan yang menggugah selera.

Masih banyak lagi masakan khas Melayu yang tidak terulas disini. Pembahasan diatas hanya segelintir makanan ala Melayu yang populer. Ciri khasnya yang kaya raya memberikan pengalaman bersantap yang berbeda dari masakan lainnya. Dari ulasan diatas adakah yang sudah pernah anda cicipi? Bila ada kesempatan atau sedang berada diwilayah melayu. Santapan diatas bisa jadi inspirasi kala mencari masakan Melayu yang pasti dijamin mantap.