Manfaat Kunjungan Industri yang Tidak Tergantikan Oleh Teknologi

Metode pembelajaran di era perkembangan digital seperti sekarang ini sangat beragam bentuk dan medianya. Sumber ilmu pengatahuan tidak lagi harus berupa buku dengan sampul halaman yang tebal dan berat, cukup dalam genggaman karena e-book bisa dibaca di ponsel Anda. Sistem belajar dengan duduk di dalam kelas memperhatikan guru atau dosen berbicara juga akan sepi peminat ketika materi yang disampaikan pengajar dapat tampil lebih menarik dengan video-video interaktif yang beredar di dunia maya.

Manfaat Kunjungan Industri

Namun, ada satu inovasi pembelajaran yang sudah lama digunakan namun belum dapat tergantikan oleh media dan teknologi yaitu kunjungan industri. Umumnya kunjungan industri yang biasa dilakukan di daerah Jabodetabek dilakukan dengan sewa bus pariwisata Jakarta untuk mendapatkan moda transportasi lalu mengunjungi perusahaan tertentu. Kegiatan ini menjadi metode yang dapat menjadi salah satu cara belajar yang cukup efektif.

Cara Belajar yang Efektif

Banyak yang menganggap bahwa kunjungan industri sekadar menawarkan suasana berbeda dalam belajar dan tidak lebih dari jalan-jalan. Padahal, kunjungan industri merupakan cara belajar yang efektif bagi siswa karena kunjungan ini memiliki lebih dari satu cara belajar yang cocok untuk semua metode belajar. Bagi siswa yang memiliki metode belajar secara visual memiliki kesempatan lebih banyak melihat sedangkan bagi yang menggunakan metode praktik tentu memiliki kesempatan untuk mempraktikan materi yang disampaikan secara langsung.

Ketika siswa dapat melihat, menyentuh atau mencium hal-hal yang mereka pelajari dalam kelas secara langsung maka mereka akan lebih tertarik dan memiliki motivasi lebih besar untuk mempelajari hal tersebut. Kunjungan industri yang menyenangkan akan membuat siswa lebih memahami proses belajar serta cara menghadapi masalah dan solusinya dengan bantuan para profesional di bidangnya yang akan membantu para siswa lebih inovatif.

Menumbuhkan Minat pada Profesi Baru

Kunjungan industri memberikan kesempatan bagi peserta untuk terjun langsung di lingkungan kerja dan sosial yang nyata pada industri. Dalam keadaan seperti itu siswa akan belajar untuk mempraktikan kecerdasan sosial dan kemampuannya berpikir kritis yang berbeda ketika sedang berada di dalam kelas. Hal-hal menantang dan berbeda seperti ini dapat menjadi faktor tumbuhnya minat pada profesi tersebut terlebih ketika kunjungan wisata dipandu oleh salah seorang dari perusahaan tersebut yang bisa memberikan informasi tentang karir dalam perusahaan dan profesi tersebut.

kunjungan industri

Menawarkan Perspektif Baru

Meskipun tidak semua peserta kunjungan industri akan memilih untuk berkarir pada perusahaan tujuan kunjungan, kegiatan ini dapat memberikan pandangan baru terutama di dunia industri yang mungkin selama ini hanya dapat dilihat dari luar saja. Lingkungan yang baru, bahasa atau ungkapan berbeda serta budaya yang ada pada perusahaan dapat membuat peserta melihat dunia kerja dengan persperktif yang baru serta menambah pemahaman mereka akan tempat mereka di masyarakat serta bagaimana mereka dapat berkontribusi di dalamnya.

pt yakult

Anda tidak perlu khawatir untuk tujuan kunjungan industri di Jakarta karena beberapa perusahaan besar seperti PT Unilever, Coca Cola, PT Sinar Sosro, Astra Internasional, Trakindo dan lain-lain menerima kunjungan industri. Anda cukup menghubungi perusahaan tersebut namun sebelumya pastikan Anda sudah menghubungi tempat sewa bus pariwisata dan mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan keinginan dan rencana kunjungan industri Anda kali ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *