Jenis Jenis Lantai Vinyl Terpopuler

Apakah Anda ingin mengganti lantai dengan material baru, tapi dana terbatas? Ada solusi yang ciamik untuk dicoba, yaitu pakai jenis jenis lantai vinyl terpopuler saat ini. Desainnya kekinian, dan motifnya banyak mengadopsi motif material lain. Jadi Anda tetap bisa menikmati nuansa marmer, kayu bahkan batu alam dengan sentuhan vinyl.

Lantai Vinyl Terpopuler

Jenis Jenis Lantai Vinyl Terpopuler Berdasarkan Motif

Untuk lantai rumah ada beberapa jenis lantai vinyl yang jadi primadona, karena dapat disesuaikan dengan interior ruangan dan kesan yang ingin ditampilkan. Tiga diantaranya adalah sebagai berikut:

Motif Keramik (Vinyl Tile)

Kalau rasanya keramik asli tak sesuai dengan anggaran yang tersedia, Anda bisa memilih lantai vinyl motif keramik. Terbuat dari bahan Polivinyl Chloride (PVC), motif ini memang lebih ringan jika dibandingkan keramik asli. Cara memasangnya juga lebih mudah, karena tidak membutuhkan semen dan bahan penutup celah.

Jadi untuk mengaplikasikannya pada lantai, Anda cukup merekatkannya dengan lem khusus agar menyatu dengan dasar lantai dan bisa dikerjakan sendiri tanpa bantuan orang lain. Tinggal sesuaikan warna dan motif keramiknya dengan warna pada ruangan.

Motif Kayu (Vinyl Plank)

Dibuat seperti potongan kayu alami, namun sebenarnya dibuat dari kayu asli yang diolah dengan bahan PVC sehingga tahan rayap. Biasanya variasi ukurannya adalah panjang 90 cm hingga 100 cm dan lebar maksimal 20 cm. Pemasangannya juga tinggal ditempelkan saja pada permukaan lantai, sebab bagian bawahnya sudah dilengkapi perekat khusus.

Motif Karpet Variatif

Kalau Anda mau menciptakan suasana ruangan dengan sentuhan motif karpet, bisa pilih jenis jenis lantai vinyl terpopuler roll karena berbentuk gulungan seperti karpet. Motifnya lebih variatif, dengan perpaduan warna yang menarik. Mulai dari motif bebatuan alam, batik hingga motif abstrak yang punya nilai seni tinggi.

Jenis Jenis Lantai Vinyl Terpopuler Berdasarkan Tempat Pasang

Lantai vinyl cocok untuk penggunaan di lantai berbagai jenis bangunan, karena mampu membuat ruangan terlihat bersih, rapi, dan indah.

Rumah

Untuk hunian bisa dipakai jenis vinyl apa saja, bisa disesuaikan dengan selera siempunya rumah. kalau mau kesan klasik bisa memilih vinyl tile, karena pemasangannya terbilang mudah, tahan lama dan mudah dibersihkan. Jika ingin menghadirkan nuansa minimalis, cukup vinyl plank karena kealamiannya mampu memberi kesan minimalis tapi tetap mewah.

Kantor

Biasanya perkantoran membutuhkan lantai anti noda, kuat terhadap pijakan dan mudah dalam perawatan. Contohnya adalah vinyl tile roll pad yang tergolong kuat dan tahan berbagai kondisi. Karena terbuat dari PVC 100 persen. Bisa juga click-on jika ingin menghadirkan nuansa eksklusif, tapi memang soal pemasangan butuh tenaga profesional.

Rumah Sakit

Ada jenis lantai vinyl yang memang dibuat khusus untuk kebutuhan bangunan rumah sakit, seperti medistep origin yang dipakai untuk ruangan operas karena anti jamur bakteri dan tidak licin. Ada juga hausys medistep space yang dibuat anti noda, sehingga cocok untuk ruang perawatan karena mudah dibersihkan.

Kemudian ada jenis hausys medistep allroad, untuk lobi dan ruang tunggu yang paling sering dilewati orang. karena selain anti slip, juga mampu memperindah ruangan dengan berbagai motifnya. Terakhir jenis medistep delight untuk ruangan ICU dan NICU yang butuh kondisi steril maksimal dan mudah dibersihkan.

Sekarang tinggal Anda yang memilih, mau menggunakan jenis lantai vinyl yang mana. Karena jenis bahan lapisan lantai ini sudah bisa disesuaikan dengan kebutuhan, dan bangunan apa yang akan diberi sentuhannya