Bingung dengan penggunaan WEB? Ini Dia Perbedaan WEB Berdasarkan Sifatnya.

Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat manusia merubah pola pikirnya. Perkembangan teknologi sejajar dengan perkembangan internet. Dimana hampir seluruh bagian dunia kecanduan dengan adanya internet. Indonesia salah satu contoh negara yang ikut serta dalam perkembangan internet. Internet sudah menjadi kebutuhan mendasar yang patut dilengkapi. Dengan internet peluang kerja pun semakin bertambah. Banyak orang yang menggunakan jasa internet sebagai penghasilan sampingan maupun utama. Contoh umum yang paling banyak menggunakan internet sebagai penghasilan utamanya adalah jualan online dan menulis artikel di website. Keuntungan mengiurkan yang ditawarkan oleh website membuat banyak orang beralih profesi.

web design

Bermodalkan dengan alasan tidak tau, maka banyak dari pembuat web yang menggunakan jawa pembuatan website. Sehingga banyak dari mereka tidak bisa mengatur dan memenejemen websitenya sendiri. Jasa pembuatan website sangat banyak digunakan contohnya jika kita melakukan pencarian dengan kata kunci jasa pembuatan website Jakarta Barat, maka akan keluar hasil sesuai yang kita inginkan. Lalu, apa itu website?

Setiap kali melakukan penjelajahan di Goggle Chrome maupun tautan browser lainnya kita akan diarahkan pada website. Namun banyak dari kita yang belum mengenal dengan pasti website. Website atau seringkali disingkat web adalah kumpulan halaman internet yang saling berhubungan dengan tujuan tertentu dan diakses secara luas menggunakan browser yang terdiri dari URL. Contoh web yang paling sering diakses adalah https://www.facebook.com dan https://www.google.com . Gambar di bawah adalah contoh halaman depan dari https://www.google.com

Website memiliki halaman web yang bervariasi sesuai fungsi utamanya. Dimana halaman web ini akan membuka halaman baru ketika diklik. Untuk membuat web sebagai ladang pekerjaan maka kita juga perlu tau apa saja unsur yang terdapat pada website. Tiga unsur dari web adalah domein, hosting dan konten. Domein adalah merek. Hosting digunakan untuk menyimpan seluruh database yang diperlukan. Sedangkan konten adalah tujuan dari web seperti gambar, teks dan juga video.

Pengertian WEB Berdasarkan Sifatnya

Setelah tau apa itu web sekarang kita akan bahas jenis web berdasarkan sifatnya. Ada dua jenis web yaitu Website Dinamis dan Website Statis.

1. Web Dinamis

Web Dinamis adalah web yang memiliki isi selalu berubah-ubah pada tiap waktu. interaksi antara pengguna dan server web dinamis yang terjadi sangat kompleks. Dimana pengguna web dinamis adalah mereka yang sudah lebih mahir dalam dunia teknologi. Tetapi, bukan berarti bagi kamu yang pemula tidak bisa menggunakan web ini. Web Dinamis diberi izin untuk memperbaharui konten tanpa harus menambah kode(code). Selain itu website ini juga memiliki sistem CMS atau Content Management System. Fungsi dari sistem ini adalah sebagai sarana menambah, memperbarui serta menghapus konten website, atau lebih disingkat dengan CRUD. Perubahan konten dapat dilakukan oleh pengguna dengan menggunakan browser.  Contoh penggunaan web dinamis adalah blog dan toko online.

2. Web Statis

Jika web dinamis memiliki sistem CMS, maka web statis tidak memiliki itu karena biasanya web ini tidak memerlukan banyak perubahan. Web statis adalah web yang isinya tidak dapat diubah dan diperbarui melalui aplikasi web tersebut. Pengguna web statis biasanya adalah company profile atau corporate website. Konten yang sudah dibuat tidak dapat diperbarui secara fleksibel dan juga perlu melakukan kode ulang.

Perbedaan WEB Dinamis dan WEB Statis

Perbedaan keduanya terletak pada beberapa hal berikut:

1. Interaksi antara pengunjung dan pemilik web

Pada web statis interaksi antara pengunjung dan pemilik web tidak akan terjadi, sedangkan web dinamis terdapat interaksi seperti memberikan komentar, transaksi online serta forum.

2. Bahasa Script yang digunakan

Web statis menggunakan HTML atau dapat menambah CSS sebagai bahasa scriptnya. Sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan web dinamis adalah ASP, PHP dan JavaScript.

3. Penggunaan Database

Web Statis tidak menggunakan database karena tidak ada yang perlu disimpan dan diproses. Sedangkan web dinamis menggunakan database untuk menyimpan dan memroses data. Database yang digunakan seperti MySQL, Oracle.

4. Konten

Konten dari web statis bersifat satu arah, dimana hanya pemilik web yang memberikannya dan jarang diperbarui. Sedangkan konten dalam web dinamis bersifat dua arah yaitu bisa dari pengunjung dan pemilik web. Selain itu juga lebih sering diperbarui. Hal ini juga didukung oleh database yang dimiliki web dinamis sehingga konten bisa berbeda-beda saat kita membuka web yang sama.

Sekarang kita sudah lebih tau apa itu website dan website apa yang akan kita buat sebagai pekerjaan baru kita. Tahukah kamu Jakarta sebagai kota metropolitan kini mulai kekurangan lapangan kerja. Sehingga muncul lapangan pekerjaan baru yaitu sebagai jasa pembuatan website. Sebagaimana kita ketahui, akan semakin banyak pengguna yang membutuhkan jasa pembuatan website. Salah satu contohnya adalah http://perangseo.com/. Selain Jakarta Barat tentunya teman teman bisa menemukan daerah lainnya agar lebih mudah dikontrol.